Hebat! SMPN 7 Malang Berhasil Melaksanakan Gebyar Ujian Praktik Seni Budaya & IPS Dengan Mengembangkan Karakter Yang Menghargai Kebudayaan Indonesia

Malang, 2 Mei 2024 โ€“ Bertepatan Hari Pendidikan Nasional, SMP Negeri 7 Malang menggelar kegiatan ujian praktik mata pelajaran seni budaya & IPS untuk kelas 9, bertajuk โ€œPeningkatan Karakter Siswa Cinta Budaya Nusantara Dalam Rangka Memperingati Hari Pendidikan Nasional.โ€ Acara yang berlangsung pada Kamis, 2 Mei 2024, ini merupakan upaya sekolah dalam meningkatkan apresiasi serta kecintaan siswa terhadap kekayaan budaya Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 9, yang telah mempersiapkan diri selama beberapa minggu terakhir di bawah bimbingan Bapak Nurman Ifanaku, S.Pd. & Ibu Yeti Murdiana, S.Pd., selaku guru Seni Budaya dan Ibu Dra. Budi Arti Andjani & Ibu Nelly Isro’y Camleya, S.Pd. selaku guru IPS. Para siswa menampilkan berbagai bentuk praktik seni yang mencakup tari, musik, Bazar dengan makanan khas daerah dengan mengambil inspirasi dari berbagai penjuru di Nusantara seperti Bali, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua, dan daerah lainnya.

Pada ujian praktik ini, para siswa tidak hanya menunjukkan kemampuan artistik mereka tetapi juga memperdalam pemahaman tentang latar belakang historis dan budaya dari setiap seni & nilai ekonomi dari kuliner yang di pasarkan dalam bazar. Diharapkan melalui kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan karakter yang menghargai dan mempromosikan kebudayaan Indonesia sebagai bagian dari identitas nasional.

Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum SMP Negeri 7 Malang, Ibu Renti Andayani, S.Pd., dalam sambutannya menyatakan, โ€œHari Pendidikan Nasional adalah momen yang tepat untuk memperkuat karakter siswa serta meningkatkan kecintaan mereka terhadap budaya sendiri. Melalui seni, kita bisa membangun pemahaman dan rasa cinta yang mendalam terhadap budaya Nusantara.โ€

Acara tersebut diapresiasi penuh seluruh warga sekolah yang turut serta menikmati dan memberi dukungan pada penampilan siswa. Dengan kegiatan ini, SMP Negeri 7 Malang berharap dapat turut serta dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia melalui generasi muda yang teredukasi dan berbudaya.

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031